19+ Contoh Usaha Kecil-kecilan di Rumah

contoh usaha kecil kecilan di rumah
contoh usaha kecil kecilan di rumah

Contoh Usaha Kecil-kecilan di Rumah – Apa itu usaha kecil? dan apa saja contoh usaha kecil? Usaha kecil adalah suatu bentuk usaha yang membutuhkan modal yang tidak terlalu besar atau modal yang kecil. Usaha kecil-kecilan misalnya, jualan sembako, jualan jajanan, jualan minuman, jualan makanan siap saji dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam melakukan usaha kecil-kecilan ini Anda bisa melakukannya di rumah dan tidak perlu menyewa ruko. Jika Anda memiliki usaha kecil-kecilan, bisa dilakukan oleh ibu-ibu, mahasiswa bahkan orang yang baru terjun di dunia bisnis. Jadi untuk memastikan Anda jelas tentang apa yang dia tawarkan, mari kita lihat informasi di bawah ini.

Seperti yang saya katakan di atas, bisnis kecil bukanlah bisnis besar. Tetapi bisnis kecil tidak perlu harus lebih murah daripada bisnis yang lebih besar. Usaha kecil sering kali beroperasi dengan biaya overhead yang rendah, misalnya memiliki biaya sewa yang rendah dan biaya staf yang rendah.

Anda juga memiliki keuntungan bisa mendapatkan lebih banyak pekerjaan dari lebih sedikit orang. Jadi ini bukan hanya tentang menjadi kecil. Yang penting dalam bisnis kecil adalah menguntungkan, artinya menghasilkan keuntungan.

Baca juga : 16 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil Beromzet Besar ditahun 2022

Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Rumah

Ada banyak cara untuk memiliki bisnis di rumah, dan memilih bisnis kecil yang tepat untuk dilakukan di rumah bukanlah hal yang mudah. Untuk orang-orang yang ingin memulai bisnis kecil mereka sendiri di rumah, Anda perlu mempertimbangkan banyak aspek sebelum memutuskan jenis bisnis apa yang cocok untuk Anda.

Membuka Warung Sembako

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Jika Anda berada di daerah atau lokasi dengan penduduk yang padat dan belum ada yang membuka toko kelontong, maka ini adalah peluang bisnis untuk Anda. Jika Anda membuka toko kelontong, produk apa yang akan Anda jual?

Membuka Usaha Jus

Selain membuka warung makan, Anda juga bisa membuka usaha minuman, misalnya membuka usaha jus dan aneka minuman lainnya. Mengapa Anda harus membuka bisnis jus? Karena bahan yang dibutuhkan cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan blender, buah segar, gelas plastik, susu kental manis dan gula pasir. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha minuman seperti di atas, Anda bisa melakukannya di rumah, apalagi jika rumah Anda sering dilewati banyak orang terutama anak-anak.

Baca juga : 23 Ide Usaha Malam Hari yang Menguntungkan 2022

Membuka Usaha Jajan Ringan

Makanan ringan adalah salah satu bisnis yang paling mudah untuk dimulai. Tidak perlu modal besar, tapi kamu harus bisa membaca situasi di sekitarmu. Apakah orang-orang membutuhkan makanan ringan di lingkungan Anda? Jika ada cukup permintaan untuk mereka, maka Anda dapat membuka bisnis. Namun, jika itu adalah tempat di mana tidak banyak anak-anak, mungkin ada baiknya untuk tidak menjual makanan ringan.

Membuka Usaha Makanan Siap Saji

Bisnis fast food merupakan salah satu bisnis yang bisa Anda mulai dari rumah. Misalnya, Anda bisa membuka warung makan, warung sayur, warung sop, pecel, atau warung mie ayam. Biasanya orang yang memulai bisnis seperti ini berada di tempat-tempat yang mayoritas penduduknya adalah karyawan yang jarang memasak di rumah. Jadi, mereka lebih suka membeli sayuran siap saji atau makanan siap saji.

Baca juga : Ini Loh 18 Peluang Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

Menjadi Reseller Toko Online

Ada banyak cara Anda bisa menjadi reseller toko di rumah. Anda tidak perlu harus menawarkan barang jualan Anda ke setiap rumah. Anda dapat mempromosikan penjualan Anda di media sosial misalnya di Facebook, Instagram, WhatsApp, Twitter dan media sosial lainnya.

Membuka Usaha Kue Kering

Anda pandai mengolah bahan kue menjadi makanan yang enak. Jika Anda pandai mengolah bahan kue menjadi makanan yang lezat, mungkin Anda bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang bisa menguntungkan Anda. Jika Anda tertarik untuk membuat kue, maka Anda dapat menuliskan jenis kue yang dapat Anda buat dan juga jika Anda dapat memberikan penguji agar orang tersebut dapat merasakannya dan tidak ragu untuk membelinya.

Menjual Makanan Untuk Sarapan

Contoh lain dari usaha kecil adalah membuka usaha makanan untuk sarapan pagi. Seperti halnya fast food, anda juga bisa membuat usaha makanan untuk sarapan di rumah, misalnya anda bisa membuat nasi uduk, nasi urap, lontong sayur, bubur ayam, bubur kacang hijau dan lain-lain. Namun Anda juga harus tahu apakah makanan yang Anda jual di rumah akan memberikan penghasilan yang maksimal atau tidak. Maksud kamu apa? Oleh karena itu Anda harus mengetahui kondisi di sekitar lingkungan Anda.

Baca juga : 15 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar di Tahun 2022

Membuat Usaha Parcel

Membuka usaha parcel juga merupakan salah satu bentuk usaha yang bisa dikerjakan di rumah, akan tetapi anda juga harus melakukan promosi bahwa anda membuka jasa parcel dan berikan model parcel apa saja yang anda bisa kerjakan.

Anda juga bisa menawarkan ke teman teman jika ingin memesan parsel bisa langsung menghubungi anda. Jika parcel buatan anda bagus maka orang akan mencarinya.

Membuka Jasa Penulis

Di era digital ini, banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan penghasilan dari internet atau online. Salah satu usaha kecil yang bisa Anda lakukan adalah menjadi penulis. Jika anda memiliki hobi menulis maka salah satu bisnis ini bisa anda lakukan. Anda hanya membutuhkan jaringan internet dan juga laptop atau komputer agar bisa menghasilkan.

Menjadi Publisher

Jika Anda ingin memulai bisnis di rumah, menjadi penerbit adalah jawaban yang tepat. Saya sendiri adalah penerbit, dan hanya bekerja di dunia blog dan youtube. Penerbit dibagi menjadi tiga: blogger, youtuber, dan pengembang. Anda dapat memilih mana yang Anda minati, dan Anda pandai melakukannya. Jadi, untuk monetisasi, Anda bisa menjadi mitra Google, yaitu Google Adsense.

Baca juga : Inilah 12 Ide Jualan Di Rumah yang Pasti Laku

Usaha Kecil-Kecilan untuk Mahasiswa

Anda seorang pelajar, tetapi masih ingin menghasilkan uang? Jika anda memiliki keinginan dan tekad yang kuat maka anda bisa membuka usaha walaupun masih berstatus mahasiswa. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh mahasiswa? Lihat contoh bisnis kecil untuk siswa di bawah ini.

Membuka Kursus / Les

Ada banyak sekali bisnis yang bisa Anda lakukan meski masih berstatus pelajar. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah membuka kursus atau membuka les. Anda bisa menawarkan diri kepada orang tua yang membutuhkan tutor untuk anak-anaknya. Biasanya orang tua yang membutuhkan tutor adalah mereka yang anaknya akan menghadapi ujian sekolah atau yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Baca juga : Inilah 14 Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris 2022

Menjadi Fotografer

Fotografi adalah salah satu dari sekian banyak bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa. Ini adalah bisnis yang hebat karena tidak begitu sulit untuk memulai. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang memulai bisnis ini, Anda dapat mengunjungi beberapa situs web. Langkah pertama adalah mempromosikan bisnis Anda di kampus. Kemudian, Anda dapat mempromosikan bisnis Anda di berbagai media sosial dan melampirkan foto yang telah Anda ambil. Anda juga dapat menjual foto yang telah Anda ambil ke situs media, misalnya shutterstock.

Berjualan Online

Jualan online tidak mengharuskan Anda harus menimbun barang. Banyak penjual online yang menggunakan sistem dropshipping. Anda hanya perlu fokus menjual barang dagangan Anda, tetapi Anda juga harus mencari penjual yang benar-benar dapat dipercaya dan menawarkan sistem dropshipping, karena jika uang Anda ditipu, reputasi Anda juga bisa dirampok.

Baca juga : 33 Contoh Usaha Untuk Pemula Yang Menguntungkan

Menjadi Translator

Apakah Anda ingin dapat menerjemahkan berbagai bahasa? Jika Anda bisa menerjemahkan, Anda bisa mendapatkan penghasilan besar sebagai penerjemah. Anda bisa menjadi penerjemah jika Anda seorang pelajar dan memiliki kemampuan untuk menerjemahkan bahasa lain ke bahasa Indonesia. Jika Anda juga fasih dalam bahasa lain, Anda bahkan dapat mengajarkan bahasa itu.

Membuka Jasa Pembuatan Website

Membuat website atau blog kini banyak diminati. Kenapa ini terjadi? Karena sudah banyak orang yang mengetahui bahwa dari sebuah website atau blog anda bisa menghasilkan uang. Dan tidak hanya itu dengan menggunakan website anda juga bisa menjual barang dagangan anda sendiri yang akan membuat pembeli semakin percaya kepada anda.

Baca juga : Inilah 11 Usaha Menjanjikan untuk Pemula di Tahun 2022

Menjadi Youtuber

Jika Anda memiliki peralatan yang tepat, Anda bisa menjadi bintang YouTube. Menjadi youtuber bisa dilakukan di rumah dan juga bisa dilakukan oleh anda yang masih berstatus pelajar. Apa yang Anda butuhkan jika Anda ingin menjadi seorang YouTuber? Yang terpenting jika Anda ingin menjadi seorang YouTuber adalah Anda harus bisa mengedit video dan memiliki peralatan yang mendukung untuk mengedit video.

Baca juga : 21 Contoh Bisnis Kecil Kecilan Yang Pasti Profit

Membuka Jasa Servis (Komputer, Laptop atau Hp)

Teknologi berkembang pesat, berbagai jenis laptop, komputer dan ponsel digunakan. Tidak hanya itu, dengan kemajuan teknologi, Anda juga dapat mengakses informasi lebih cepat dengan menggunakan smartphone, laptop atau ponsel. Semakin banyak orang yang menggunakan ponsel, laptop dan komputer akan mengalami kerusakan pada ponsel, laptop dan komputer.

Usaha Kecil-Kecilan untuk Pemula

Anda tidak tahu bagaimana memulai bisnis? Dan masih bingung mau ngapain? Jika Anda masih pemula dan ingin membuka usaha kecil-kecilan, Anda bisa melihat jenis-jenis usaha yang bisa Anda lakukan meskipun masih pemula.

Menjual Makanan Ringan

Jika Anda seorang pemula, Anda dapat memilih untuk membuka usaha makanan ringan daripada menjadi pengusaha karena mudah didirikan dan memiliki hambatan masuk yang rendah. Tapi itu bukan pilihan yang baik jika Anda sudah mapan sebagai pengusaha.

Baca juga : Inilah 10 Usaha Yang Tidak Pernah Sepi dan Pasti Laku

Membuka Usaha Pulsa dan Kuota

Pulsa dan kuota merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting. Jika Anda tidak memiliki pulsa atau kuota, Anda tidak dapat menghubungi siapa pun. Oleh karena itu, jika Anda membuka bisnis pulsa dan kuota, bisnis Anda bisa cepat laku. Jika memungkinkan, dalam membuka bisnis pulsa dan kuota, Anda juga membuka pembayaran untuk tagihan listrik, pulsa listrik dan tagihan lainnya.

Membuka Bisnis Dengan Sistem Franchise

Contoh usaha kecil untuk pemula selanjutnya adalah membuka usaha dengan sistem franchise. Jika Anda baru akan membuka usaha, Anda pasti memiliki pengalaman yang minim, terutama di bidang makanan. Jika Anda masih belum percaya diri dalam membuat makanan dan menjualnya, maka salah satu alternatifnya adalah membuka usaha dengan sistem franchise. Anda tinggal mengolahnya dan bisa langsung menjualnya.

Menjual Aksesoris Hp

Jumlah pengguna smartphone semakin meningkat di era teknologi ini. Bahkan banyak anak-anak dan bayi yang menggunakan smartphone sekarang. Beberapa orang juga membutuhkan aksesoris handphone seperti case, headset, dll. Oleh karena itu, membuka usaha aksesoris handphone bisa menjadi bisnis yang bisa segera Anda mulai.

Membuka Usaha Baju Anak Anak

Apakah Anda lajang atau sudah menikah, Anda masih bisa berbisnis jika Anda tidak keberatan memulai dengan keuntungan kecil. Anda bisa melakukan bisnis kecil-kecilan dengan menjual pakaian anak. Anda hanya perlu melihat model baju anak yang sedang populer saat ini, kemudian Anda mencari distributornya. Setelah mendapatkan barang yang ingin dijual, Anda bisa menawarkan baju anak di media sosial. Bisa di Facebook, WA, Instagram dll.

Kesimpulan :

Sebagai penutup, saya harap Anda menikmati membaca artikel ini tentang “Usaha Kecil Untuk Pemula”. Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang topik yang dibahas di sini, Anda dapat melihat artikel saya yang lain di situs ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang posting ini, silakan tinggalkan di bagian komentar di bawah. Terima kasih telah membaca posting ini dan semoga hari Anda menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.