20+ Ide Jualan di Toko Online dan E-commerce

Ide Jualan di Toko Online dan E-commerce  – Siapapun dapat memulai e-commerce atau ide bisnis online. Namun, tidak sedikit ide bisnis online yang berujung pada kegagalan. Dengan berkembangnya teknologi, kini peluang dan ide bisnis online tidak sulit untuk ditemukan. Tapi, bagaimana caranya mendapatkan ide bisnis online yang tepat dan tidak hanya cocok untuk hidup tetapi juga mampu bertahan di pasaran?

Berikut Cara Mendapatkan Ide Jualan di Toko Online dan E-commerce :

1. Mulai dari ide yang Anda miliki

Saat memulai bisnis e-commerce, Anda memiliki banyak Ide Jualan di Toko Online yang muncul di benak Anda saat itu, jadi mulailah menuliskannya dan pilih ide bisnis e-commerce yang paling tepat yang menurut Anda terbaik untuk Anda dan Anda bisa melakukannya.

2. Mengumpulkan data kendala atau masalah dari orang lain

Ketika Anda tidak yakin ke arah mana Anda harus menjalani hidup, cobalah untuk memahami apa yang orang lain pikirkan. Apa yang mereka suka? Apa yang tidak mereka sukai? Kemudian Anda dapat mengubah pendapat mereka menjadi ide bisnis yang dapat membantu mereka. Contoh kehidupan nyata yang paling sederhana adalah layanan binatu.

3. Ide Jualan Dari Buku Inspirasi

Simon Sinek mengatakan dalam bukunya, “Mulailah dengan Mengapa”, bahwa orang tidak membeli apa yang Anda lakukan, tetapi mereka membeli alasan mengapa Anda melakukannya. Anda harus memiliki visi untuk bisnis Anda, yang logis dan konsisten dengan tujuan Anda.

4. Ide Bisnis offline yang ada di sekitar lingkungan kamu

Jika Anda memiliki bakat untuk membangun sesuatu dan Anda seorang pengusaha kreatif, ide bisnis terbaik untuk Anda adalah toko berbasis web yang menjual barang-barang yang sebenarnya dijual di toko offline di sekitar lingkungan Anda. Anda bisa mulai dari bahan bangunan, alat pertukangan, alat servis, dan masih banyak lagi.

5. Ide dari publikasi mengenai trend belanja online

Belanja online menjadi semakin umum. Saat ini, publikasi online membahas tren artikel, buku, dan surat kabar di mana-mana. Oleh karena itu, bacalah sebanyak mungkin publikasi tentang tren belanja online untuk mendapatkan informasi terlengkap. Ulasan terbaik akan mencakup statistik terperinci tentang karakteristik audiens, daya beli, dan produk terlaris.

6. Ide dari para influencer di media sosial

Orang-orang yang menghasilkan uang paling banyak dari mempromosikan produk orang lain secara online disebut influencer digital. Mereka sering kali adalah selebritas di bidang lain yang menghasilkan uang dengan mendukung produk yang dijual perusahaan lain. Ini mungkin memberi Anda ide untuk bisnis e-niaga Anda.

7. Ide dari ulasan konsumen di internet

Temukan website yang sering membahas berbagai macam produk. Secara khusus, carilah situs yang mengulas jenis produk yang Anda minati. Dengan mengetahui berbagai ulasan dan testimoni barang/jasa e-commerce, Anda bisa mendapatkan gambaran produk apa yang disukai konsumen, yang mudah dikritik konsumen, atau bahkan produk yang tetap dibeli tanpa ada respon khusus dari konsumen.

8. Ide dari website kurasi yang memiliki trend dan kualitas

Ide bisnis menarik yang harus Anda pertimbangkan adalah situs e-commerce yang mirip dengan situs kurasi yang menampilkan produk dari merek yang paling laris dan sangat dicintai. Ini juga dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke produk lain di situs Anda. Tiga situs web yang kami rekomendasikan untuk ini adalah Hypbeast, Ssense, dan Fancy.

9. Ide dari website e-commerce B2B

Anda dapat menemukan banyak peluang Ide Jualan di Toko Online yang berbeda di Internet. Misalnya, Anda bisa menggunakan Alibaba.com yang merupakan salah satu situs e-commerce B2B terbesar di dunia, untuk mencari produk yang akan dijual di Indonesia. Situs web akan mencantumkan ribuan produk potensial untuk Anda pilih, jadi Anda hanya perlu waktu untuk mempertimbangkan produk mana yang ingin Anda mulai jual di Indonesia.

10. Ide dari marketplace Online

Anda juga bisa menemukan ide produk di situs marketplace, seperti Amazon, Ebay, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain. Beberapa kategori produk akan memungkinkan Anda melihat apa yang populer, dan apa yang dibeli orang.

11. Ide dari forum jual beli online

Gunakan forum online seperti Quora dan Kaskus untuk menemukan ide bisnis e-commerce. Dengan bergabung dalam komunitas ini, Anda dapat menemukan produk mana yang sedang dibahas atau dicari oleh anggota.

12. Ide dari komunitas setempat

Jika Anda pernah bergabung dengan komunitas online seperti Quora atau Kaskus, jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dengan komunitas penjualan di kota Anda. Selain bisa mendapatkan informasi tentang cara memulai bisnis, komunitas biasanya juga sering mengadakan pelatihan untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi feedback dari pelanggan bisnis online.

13. Ide dari media Sosial

Media sosial adalah tempat yang tepat untuk mencari inspirasi untuk memulai bisnis e-commerce. Anda dapat mencari dengan hashtag untuk melihat apa yang sedang tren di Instagram, atau melihat siapa yang membicarakan istilah bisnis tertentu dan melihat produk apa yang mereka sebutkan. Atau, ikuti akun tertentu yang membahas topik yang terkait dengan bisnis Anda.

14. Ide dari testimoni pembeli produk online

Untuk menemukan produk yang bagus, Anda harus mengunjungi situs web online di mana konsumen memberikan ulasan dan testimoni yang jujur. Ini akan membantu Anda memilih produk yang tepat untuk dijual.

15. Ide dari tool SEO Google

Untuk memastikan dapat terindex di mesin pencari, Anda harus mengunjungi situs web yang menyediakan alat SEO. Situs-situs tersebut termasuk Google Trends, Google Keyword Planners, dan Google Analytics. Anda dapat menggunakannya untuk menemukan wawasan data tentang apa yang sedang tren di Internet.

16. Ide dari baca artikel dari majalah online

Cari ulasan dan komentar dari pelanggan lain tentang produk ini dan bisnis mereka. Baca artikel dan lihat seberapa populer produk atau ide tersebut di antara pelanggan. Anda dapat menemukan sumber paling umum dari artikel ini dengan mencari kata kunci.

17. Ide dari Kompetitor Anda

Anda harus menganalisis produk apa yang dijual oleh pesaing bisnis e-ecommerce Anda dan bagaimana mereka memasarkannya. Selain itu, Anda perlu mengidentifikasi pelanggan seperti apa yang menjadi target pesaing Anda (konsumen).

18. Ide dari membuat survei online

Langkah selanjutnya untuk menemukan ide bisnis e-commerce Anda adalah dengan melakukan survei online. Lakukan dengan seluas-luasnya dan sebaik-baiknya karena nantinya Anda akan menerima tanggapan dari berbagai bisnis dan perusahaan yang mungkin menawarkan atau mempertimbangkan untuk menawarkan produk mereka untuk dijual kepada Anda.

19. Ide dari crowdsourcing online

Situs crowdsourcing dapat menjadi tempat yang tepat untuk menemukan ide bisnis yang menarik atau bahkan kampanye untuk mempromosikan bisnis Anda. Innocentive, Idea Connection, dan Chaordix hanyalah beberapa situs crowdsourcing yang dapat membantu. Setelah Anda mengumpulkan sejumlah ide bisnis online yang menarik, saatnya untuk memilih salah satu.

20. Memulai ide kreatif dengan Out of The Box Thinking

Terakhir, penting untuk diingat bahwa Anda bisa menjadi inovatif dan kreatif. Kuncinya adalah tidak membatasi diri dengan berpikir seperti orang lain. Berpikirlah di luar kebiasaan dan temukan ide bisnis e-niaga kreatif untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Kesimpulan :

Kesimpulannya, sangat sulit untuk menemukan ide bisnis e-commerce yang sempurna yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keputusan Anda untuk memulai bisnis online. Pada artikel ini, saya telah membagikan ide bisnis online terbaik yang dapat Anda mulai dengan bantuan internet. Jika Anda tidak menemukan ide yang cocok, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari posting saya yang lain. Anda juga dapat meminta bantuan dari orang lain yang telah sukses.Ikuti saja kata hatimu dan ikuti mimpimu. Apa itu Bisnis E-commerce? Secara umum, bisnis e-commerce adalah jenis bisnis yang menjual produk dan layanan melalui Internet. Ini adalah jenis bisnis yang harus Anda ciptakan sendiri. Namun, ketika Anda melihat bisnis e-commerce, Anda akan melihat bahwa mereka dapat sangat bervariasi dalam banyak hal.Anda harus ingat bahwa ada berbagai jenis bisnis e-commerce. Namun, mereka dibagi menjadi tiga kelompok: bisnis kecil, bisnis besar dan bisnis-ke-bisnis (B2B).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.