Begini Usaha Rumahan Modal Kecil dengan Produksi Es Krim Home Made

Usaha Rumahan Modal Kecil dengan Produksi Es Krim
Usaha Rumahan Modal Kecil dengan Produksi Es Krim

Usaha Rumahan Modal Kecil dengan Produksi Es Krim – Siapa yang tidak suka es krim? Ini adalah hidangan yang mulia, sangat cocok untuk iklim Indonesia yang panas, begitu populer dan masih dicintai oleh banyak orang tanpa memandang usia.

Tingginya minat pasar terhadap es krim mendukung ide bisnis rumahan dengan modal rendah. Selama ini, pasar hanya mengenal rasa es krim yang hampir monoton dari produsen besar. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memproduksi es krim buatan sendiri, dengan rasa yang khas dan bahan yang terkadang berbeda dan menarik.

Baca juga : Inilah 12 Jenis Bisnis Modal Kecil yang Untung Besar di Tahun 2022

Yang membuat es krim artisan ini istimewa adalah bahan bakunya yang cenderung natural dengan rasa yang berbeda-beda. Anda dapat membuat es krim buatan sendiri ini dengan berbagai bahan susu.

Susu sapi segar, susu murni alami, susu khusus seperti susu kedelai, susu kambing dan susu almond untuk penderita alergi. Selain itu, Anda juga bisa membuat es krim buatan sendiri dengan berbagai rasa seperti pistachio, teh hijau, ubi ungu, durian, kacang hijau, sajian buah, kacang merah dan rasa unik lainnya.

Baca juga : 8 Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Oleh Ibu Rumah Tangga

Rasa ini tidak terdapat pada es krim pabrik, yang disukai konsumen selain berbagai es krim dan justru menjadi daya tarik tersendiri di pasar. Selain lebih alami, lebih sehat, tanpa perasa atau pengawet buatan, penggunaan produk ini secara alami menjadi lebih menggugah selera konsumen.

Masalah dengan bisnis rumahan kecil ini adalah produknya tidak cukup stabil. Es krim buatan sendiri tidak tahan lama, meskipun disimpan di lemari es, karena produk ini biasanya tidak menggunakan bahan pengawet.

Baca juga : 10 Usaha Yang Cocok Untuk Anak Muda Dengan Modal Kecil (Modal Rp1 Jutaan)

Oleh karena itu, Anda harus sangat akurat dalam menghitung produksi harian di tingkat penjualan agar produk tidak disimpan di lemari es. Anda juga harus pintar-pintar memasuki pasar agar bisa bersaing dengan es krim siap pakai yang lebih dikenal masyarakat umum.

Dan cara yang biasa digunakan oleh pembuat es krim artisanal adalah kemitraan dengan kafe confectionery, yang telah menjadi tren baru di kalangan anak muda.

Baca juga : 5 Cara memulai bisnis dengan modal kecil (Potensi Untung Besar)

Cara ini sebenarnya merupakan cara yang dapat diandalkan untuk meningkatkan penjualan dengan sustainability yang tinggi karena permintaan es krim lokal biasanya stabil. Cara ini akan lebih efektif daripada menjual es krim buatan sendiri di toko rumahan, yang biasanya tidak menghasilkan omset yang cukup untuk Anda.

Pilihan lainnya adalah bermitra dengan bisnis restoran. Meskipun persyaratan kelompok ini biasanya tidak sestabil persyaratan batangan, mereka dapat melakukan pemesanan dalam jumlah besar, yang sangat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Baca juga : 10 Peluang Usaha Modal 100 Ribu yang Menguntungkan, Omzet bisa Jadi Jutaan

Juga bekerja dengan pengusaha untuk memenuhi kebutuhan es krim Anda pada acara-acara khusus seperti ulang tahun atau acara. Seorang perwakilan usaha kecil rumahan di Solo mengaku bisa menjual 450 kontainer sebulan untuk memenuhi kebutuhan kafe manis.

Begitu pula dengan perwakilan Dessert Cafe di lingkungan Gejayan Yogyakarta, yang bisa memesan minimal 15-20 liter setiap 3 hari dari pemasok es krim biasa.

Baca juga : Inilah 8 Ide Bisnis Kuliner Kreasi dari Indomie, Modal Kecil Dan Menjanjikan

Nah, untuk tips pemasaran bisnis rumahan ini, kami akan coba uraikan kebutuhan biaya yang perlu Anda siapkan sebagai modal awal untuk membuat es krim di rumah. Rincian modal dan biaya operasional diberikan di bawah ini.

Modal awal :

  • Alat Pembuat S cream (15 liters): Rp. 12,000,000,-
  • 1 Ukrainian Besar mixer set: Rp. 500,000, –
  • Baskom : PR. 300,000, –
  • 30 sets food grade (10 liters): Rs. 3.000.000, –
  • Freezer: mop. 4.000.000, –

Total 19,800,000 rupiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.